Wisata Terbaru di Kulon Progo Yang Wajib Dikunjungi 2020

Kulon Progo adalah Kabupaten yang berlokasi di bagian barat Provinsi DIY. Dulu mungkin Wisata alam di Kulon Progo yang terkenal hanya Pantai Glagah, Waduk Sermo, Goa, namun sekarang Kulon Progo mulai memancarkan pesonanya. Berikut ini sedikit ulasan Wisata Terbaru Kulon Progo dan Yang Wajib di Kunjungi di Tahun 2020.

1. JOGJA AGRO TECHNO PARK

JATP atau  Jogja Agro Techno Park merupakan taman wisata edukasi yang dibangun di atas lahan bekas gedung milik pemerintah. Berdiri di atas lahan seluas 18 hektar dengan berbagai macam wahana edukasi pertanian, peternakan dan kolam ikan. Lokasinya sendiri di Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten paling barat di DIY.

Tempat ini dibuka untuk umum sebagai sarana edukasi bagi masyarakat mulai dewasa hingga anak-anak, tentang pentingnya menanam tumbuhan dan sebagai bentuk sosialisasi tentang peternakan. JATP Sangat ideal bagi anak-anak untuk mengedukasi tentang budidaya tanaman/bertani kebun. Sekaligus Anda mendapat tempat yang asyik untuk berfoto.

Alamat : Kemiri, Wijimulyo, Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55671
Jam buka : 06.00 – 18.00 WIB
Retribusi : sementara masih gratis

 

2. Ayunan Langit WatuJaran Kulon Progo Yogyakarta

Ayunan Langit Watudjaran, yang terletak di atas bukit desa Sabrangkidul, Kabupaten Kulon Progo. Kenapa dinamakan Ayunan Langit, karena Ayunan ini bisa membuat jantung pengunjung berdegup kencang memacu adrenalin, karena berayun di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut (mdpl). “Ayunan Langit Watu Jaran juga menawarkan keasrian alam dan pemandangan Perbukitan Menoreh. Banyak spot-spot selfie yang bagus, tidak kalah dengan Kali Biru dan Mangunan.

pic : google

Para pengunjung bisa menikmati pemandangan alam nan elok dengan menaiki ayunan Langit atau ornamen unik yang disediakan pengelola, seperti sapu terbang dan balkon kayu yang menghadap ke alam lepas. Objek wisata Ayunan Langit Watu Jaran buka mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

Alamat :  Sabrangkidul RT.10/RW.05, Coco Leal, Purwosari, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674
Jam buka : Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
Retribusi : 30,000 IDR

 

Baca Juga : 7 Tempat Wisata di Jogjakarta yang Wajib dikunjungi Bersama Keluarga

3. WISATA ALAM PULE PAYUNG JOGJA – KULON PROGO

Wisata Pule Payung Yogyakarta berlokasi di Dusun Saropati Desa Hargotirto Kecamatan Kokak Kabupaten Kulon Progo. Tempat Wisata ini sangat direkomendasikan buat kalian yang ingin menghabiskan waktu bersama teman-teman dan mendapatkan foto-foto unik karena memiliki banyak spot foto menarik.

Pule Payung sendiri memiliki view waduk Sermo dan hamparan perbukitan Menoreh. Menjadikan tempat ini cocok untuk berburu foto instagenic. Pule Payung menyediakan beberapa spot foto menarik. Mulai dari spot Lolipop dengan keunikan bentuknya yang mirip permen lolipop. Spot Jembatan Surga, Spot Ayunan Langit, Sky Bike, Kursi Langit dll. Untuk berfoto disetiap spot pengunjung dikenakan tarif beragam antara Rp 10.000- Rp 35.000. Harga tersebut sudah termasuk jasa foto dengan pengambilan sudut terbaik.

Alamat : Soropati, RT.007/RW.003, Hargotirto, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653
Jam buka : Setiap hari, 08.00-18.00
Retribusi : Rp15.000

 

4. Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo

Kebun teh ini berada di puncak perbukitan menoreh Kulon Progo. Suasananya sangat sejuk, cocok untuk kamu yang sedang ingin berlibur menikmati suasana alam dan pemandangan hijau. Kebun Teh Nglinggo kini jadi salah satu tempat wisata favorit wisatawan saat berkunjung ke DIY. Bahkan objek wisata Kebun Teh Nglinggo sempat  dianugerahi sebagai Community Best Tourism oleh Kementerian Pariwisata.

Untuk bisa merasakan kesejukan dan indahnya pemandangan di tempat wisata ini pengunjung tidak perlu membayar mahal. Cukup dengan Rp5000 sudah bisa puas berekreasi di sini.

Alamat : Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673
Retribusi : Rp5.000

 

5. Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Air Terjun Kembang Soka searah dengan lokasi wisata Taman Air Sungai Mudal karena memang berada di desa yang sama. Bedanya, Kembang Soka berlokasi di area yang lebih rendah.

Keunikan dari tempoat ini adalah, air di tempat ini memiliki kandungan mineral yang tinggi membuat terciptanya keindahan alam lainnya. Yaitu dan dapat melihat dan menemui tangga alami yang tercipta. Kesejukan dan kesegaran udara serta air pegunungan memang sangat mendamaikan bagi siapa pun yang berenang di kolam Air Terjun Kembang Soka ini. Segala beban hidup seakan hanyut terbawa aliran air.

Alamat: Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674

 

6. Air Terjun Kedung Pedut – Pesona Baru di Barat Jogjakarta

Nama Air terjun Kedung Pedut mungkin masih terdengar asing bagi warga luar DIY. Objek wisata air terjun ini masih tergolong baru, kawasan ini baru dibuka untuk umum pada tanggal 15 februari 2015. Warga sekiitar biasanya menyebut air terjun ini dengan nama waterpark alami.

pic : google

Obyek yang satu ini adalah berupa air terjun dua warna yang berlokasi di Pegunungan Menoreh, tepatnya di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Keunikan dari air terjun ini terletak di warna air yang memiliki dua warna yaitu hijau tosca dan berwarna putih.

7. Bukit Cendana Kulon Progo Jogjakarta

Salah satu tempat wisata terbaru di Kulon Progo yang perlu Anda coba adalah bukit cendana. Berlokasi di Dusun Tegiri 2, Hargowilis, Kokap. Tempat Wisata yang satu ini menyuguhkan panorama alam yang indah dan eksotik dengan paduan hamparan Waduk Sermo.

Wisata ini termasuk baru di kalangan traveller, karena masih banyak yang belum mengetahui keberadaan dari tempat ini. Puncak Bukit Cendana ini baru dikembangkan oleh warga sekitar sejak Januari 2017. Di sekitar objek wisata ini ditumbuhi pohon cendana yang banyak sehingga dinamakan Bukit Cendana.

Leave A Reply

Your email address will not be published.