Home / Info Mudik 2016 / Tips Mudik Menggunakan Sepeda Motor

Tips Mudik Menggunakan Sepeda Motor

Mudik Motor

Meski larangan mudik pakai motor sudah dihimbau pemerintah , apalagi menempuh jarak jauh, namun faktanya masih banyak pemudik yang menggunakan sepeda motor dengan berbagai alasan.

Bagi mereka yang menggunakan sepeda motor untuk mudik, hendaknya perlu mempersiapkan fisik dan juga memastikan kondisi motornya dalam keadaan laik jalan.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat mudik menggunakan sepeda motor :

  • Periksa tekanan angin ban dan alurnya.¬†Tekanan angin ban yang tidak sesuai dengan standar yang sudah ditentukan dapat membuat pengendara tidak nyaman bahkan bisa membuat motor kehilangan kendali.
  • Mengganti atau membersihkan busi dan memeriksa tutupnya. Untuk jarak tempuh yang cukup jauh, busi merupakan komponen vital yang harus diperiksa.Pastikan usia pakai busi belum mencapai maksimal 8.000 km dan bunga api yang dihasilkan masih bagus.
  • Periksa fungsi rem dan ketebalannya. Untuk itu, piranti rem mulai dari handle, pedal, hingga rem itu sendiri jangan sampai luput dari pemeriksaan. Pastikan semua komponen mekanis dan hidrolis berfungsi dengan baik.
  • Cek kapasitas Oli mesin
  • Cek Lampu-lampu Kendaraan, pastikan semua Lampu kendaraan nyala, mulai dari Lampu utama, Sein, dan gak kalah penting Lampu Rem

About street-admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*