Wisata Kuliner Jogja

Rekomendasi Tempat Wisata Akhir Tahun 2017

Jogjastreet.com tak terasa tahun 2017 akan segera berakhir dan akan segera berganti Tahun. Nah bulan Desember kayak gini nih tepat waktunya buat berlibur entah bersama Keluarga, teman, bahkan Liburan Rombongan Sekolah / Study Tour. Kali ini Jogjastreet akan Merangkum beberapa Rekomendasi Tempat Wisata Buat dikunjungi para Wisatawan.

1. Hutan Pinus Pengger

Belakangan ini wisata hutan pinus memang sedang digemari oleh masyarakat entah tua muda, mahasiswa pelajar. Searching saja di Google Hutan Pinus nah muncul hutan pinus mangunan, Kragilan di Magelang yang sempat booming dan menjadi destinasi favorit di Magelang. Kini dekat objek wisata Hutan Pinus Mangunan ada lagi nih yang gak kalah bagusnya yaitu Hutan Pinus Pengger, yang berada di Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Objek wisata alam ini masih baru, Dikatakan baru karena Pinus Pengger resmi dibuka pada 7 April 2016 lalu. Hampir sama seperti Hutan Pinus Mangunan, wisata alam ini juga menawarkan panorama alam hutan pinus yang masih sangat sejuk.

Harga Tiket Masuk murah Lho cuma Rp2.500/orang, parkir Mobil Rp5.000

2. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo dapat dijadikan pilihan untuk berlibur dan menikmati sejuknya udara pegunungan. Kebun teh yang terletak di dusun Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta ini berada di ketinggian 900 – 1000 mdpl, so dijamin sejuk kalau dateng kesini. Disini Anda akan disuguhi hamparan hijau tanaman teh yang biasanya hanya bisa ditemukan di pegunungan.

Kebun teh ini menjadi tujuan wisata yang cocok untuk berlibur bersama keluarga dan teman. Untuk Harga Tiket masuk sendiri sebesar Rp3.000,- yang sudah termasuk biaya parkir, anda sudah dapat menikmati keindahan alam Perbukitan Menoreh serta melihat petani teh memetik teh kala musim panen tiba.

3. Desa Wisata Kinahrejo (Mbah Maridjan)

Desa Kinahrejo merupakan tempat tinggal Alm. Mbah Maridjan. Perlu diketahui Alm. Mbah Maridjan adalah seorang juru kunci yang dipercaya untuk menjaga kelestarian alam di sekitar gunung api tersebut. Ia merupakan juru kunci Gunung Merapi sejak tahun 1982 dan harus mengakhiri pengabdiannya pada tahun 2010 karena turut menjadi salah satu korban erupsi Gunung Merapi. Mbah Marijan dimakamkan di Srumen, Glagaharjo atau sekitar 5 km dari Desa Kinahrejo.

Harga Tiket Masuk Kinahrejo 

  • Update terbaru November 2017, untuk masuk Kinahrejo sekitar Rp3.000/orang. Untuk pemandu wisata dipintu gerbang masuk desa Kinahrejo sementara ini sudah tidak ada.
  • Tarif Jeep Merapi, sedangkan yang mau sewa Jeep untuk Lavatour harga mulai dari Rp250.000 – Rp450.000an.

 

4. Green Village Gedangsari

Green Village Gedangsari berlokasi di Mertelu, Gedang Sari, Gunung Kidul. Pemandangannya sangat cantik, Anda bisa melihat perbukitan hijau yang sangat indah, kayak liburan ke Eropa hahahaha. Buat yang mau menikmati Sunset anda dapat bersantai di Gazebo sambil menunggu matahari tenggelam. Bagi Anda penyuka kegiatan ekstrem pemacu adrenalin, bisa mencoba fliying fox terpanjang di Asia Tenggara sepanjang 625 meter.

 

5. Tebing Breksi Yogyakarta

Tebing Breksi, dahulunya merupakan tempat bekas penambangan batu kapur masyarakat sekitar, karena terdapat larangan oleh pemerintah tentang tidak diperbolehkannya menambang didaerah tersebut maka penambangan pun diberhentikan namun karena berkat kreatifitas warga sekitar, tempat yang dahulunya digunakan sebagai penambangan kemudian disulap menjadi tempat wisata yang menarik. Harga masuk Tebing Breksi  ini pun cukup terjangkau. Anda hanya perlu membayar tiket parkir sepeda motor Rp2.000 atau Mobil Rp5.000 dan sumbangan sukarela, baik rombongan atau perseorangan.

Tebing breksi sendiri memang lebih banyak disukai bagi penikmat wisata khusus misalnya panjat tebing, sepeda gunung atau fotografi. Banyak bagian dari tempat ini yang indah untuk dijadikan sebagai obyek foto, cocok banget nih buat yang mau Ambil Foto Pre Wedding.

6. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan objek wisata pantai yang cukup terkenal dan menjadi icon Daerah Istimewa Yogyakarta. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gumuk pasir di sekitar pantai, Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak Pemkab Bantul sejak lama dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis.

 

7. Candi Ijo Yogyakarta

Merupakan candi yang terletak di atas Bukit Ijo, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarata. Candi ini terletak paling tinggi diantara candi-candi yang lainnya. Untuk mencapai lokasi candi Ijo , sobat harus menyusuri tanjakan-tanjakan yang cukup curam, namun jangan khawatir, saat perjalanan akan disuguhi pemandangan yang indah di kanan kirinya. Sangat disarankan kalau mau kesini kondisi Kendaraan harus sehat heheh, soalnya menadnnya Nanjak terus sob.

8. Air Terjun Kedung Pedut

Tempat wisata alam yang layak Anda kunjungi ketika berada di Kulonprogo adalah air terjun Kedung Pedut. Air terjun yang terletak di Dusun Kembang, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo tersebut, mulai dibuka sebaga tempat wisata pada tahun 2015. Keunikan air terjun disini amempunyai dua warna, warna putih jernih dan hijau tosca.

Tarif Objek Wisata Kedung Pedut Kulon Progo

  • Tiket masuk Rp. 3.000/orang
  • Parkir motor  Rp. 2.000/unit
  • Parkir mobil Rp. 5.000/unit

9. Lava Tour Merapi

Wisata Lava Tour Merapi dengan Jeep willys saat ini sangat di Gemari baik oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Rute Lava Tour merapi sangat exotic yaitu melewati daerah bekas terkena dahsyatnya erupsi Gunung Merapi thun 2010, diantaranya Kali Kuning, Kali gendol, desa Petung, kawasan wisata kali Adem, Desa jambu. KaliUrang Kali Kuning-Kali Opak,Batu Alien,Kali Gendol,Dusun Kaliadem,Hamparan Material erupsi Merapi Kaliadem,Batu Gajah Kepuharjo-Gumuk Petung,Gardu Pandang Kopeng- Makam Massal Korban Merapi.

10. Merapi Park Replika Landmark Terkenal di Dunia

The World Landmark atau Merapi Park Jogja  terletak di Hargobinangun, Pakem, Sleman. Tak hanya menyajikan pemandangan pegunungan yang eksotis, para pengunjung akan dimanjakan dengan banyaknya bangunan unik yang berupa replika landmark terkenal di dunia. Wah, tak perlu ke luar negeri, kita bisa berfoto di bawah Menara Pissa, Eifel di Jogja.

Harga tiket masuk terbilang murah cuma Rp15.000/orang , Jam operasional atau jam buka merapi park dibuka setiap hari kecuali hari Selasa tutup, waktunya mulai pukul 09.00-16.30 WIB.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.