Pusat Infomasi Tempat Wisata Seru di Indonesia, Jogja, Bandung, Malang, Bogor, Lombok, Lembang, Batu, Bali, Kuliner Unik, Cafe Resto Jogja, Cafe Jakarta.
Referensi Tempat Wisata Alam di Jawa Tengah

Referensi Tempat Wisata Alam di Jawa Tengah

Berbagai macam objek wisata dapat anda kunjungi Provinsi Jawa Tengah yang ibukota Semarang, Indonesia. Jadi anda bisa memilih mana yang ingin anda kunjungi untuk tujuan wisata di waktu liburan,Untuk tempat- tempat wisata yang ada di Jawa Tengah

bisa anda lihat di bawah ini, anda akan menemukan banyak tempat yang bisa dijadikan tujuan untuk berwisata ;Wisata Alam, Wisata Pantai, Agrowisata , Wisata Museum, Wisata Danau, Wisata Gunung dan lainya..

1. GUNUNG SLAMET

Gunung Slamet masuk ke dalam perbatasan lima kabupaten, yaitu Kabupaten Banyumas, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Brebes, dan Kabupaten Purbalingga.Gunung selamet termasuk salah satu Gunung di indonesia yang populer untuk di jadikan obyek wisata dan pendakian, pendakian di Gunung Selamet terkenal cukup rumit.Gunung Selamet juga terdapat kawasan wisata yang cukup terkenal di Jawa Tengah, yaitu pemandian air panas Guci dan obyek wisata Batu Raden. obyek wisata ini sangat luas karena di dalamnya juga terdapat beberapa wisata lain yang juga menarik untuk di kunjungi.

  1. Taman Botania
  2. Curug Gede
  3. Pancuran Pitu
  4. Wana Wisata
  5. Telaga sunyi
  6. Taman Kaloka

Gunung Selamet merupakan gunung tertinggi di jawa tengah atau tertinggi ke dua di pulau jawa, tinggi gunung selamet mencapai 3.432 meter. gunung ini juga mempunyai beberapa kawasan hutan seperti hutan ;

Montane, Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Ericaceous (Hutan Gunung), dan Hutan Dipterokarp Atas.

2. DATARAN TINGGI DIENG

Dataran tinggi Dieng terletak 30 km dari kota Wonosobo, tepatnya di perbatasan Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Dataran tinggi Dieng memiliki banyak candi-candi kecil yang dinamai tokoh-tokoh cerita epik Mahabrata seperti Bima, Gatot kaca, Arjuna dan Srikandi. Diyakini bahwa candi-candi ini dulu digunakan sebagai tempat tinggal para pendeta yang menyebarkan ajaran Hindu.

Di tempat ini Anda juga dapat melihat candi bercorak Hindu dengan arsitektur yang unik dan memiliki taman yang asri dan sangat nyaman untuk Anda bersantai sambil melihat panorama indah dari rangkaian pegunungan sekitarnya.Nama Dieng berasal dari bahasa Sansekerta yaitu DI ( tempat yang tinggi) dan HYANG (tempat para dewa dewi) Diartikan sebagai tempat kediaman para dewa dan dewi. Ada juga yang mengartikannya dari bahasa Jawa yaituADI( indah ) berpadu dengan kata AENG ( aneh ), Penduduk setempat kadang mengartikannya sebagai tempat yang indah penuh dengan suasana spiritual.

Dataran tinggi Dieng bagaikan negeri di atas awan, dengan ketinggian 2.000 m di atas permukaan laut membuat udaranya sejuk (dengan suhu 15 derajat celcius) dan menyegarkan serta ditutupi kabut tebal.

Di sini anda juga akan melihat lumpur mendidih yang mengeluarkan gelembung, danau belerang berwarna cerah, dan kabut tebal yang menyelimuti dataran tinggi Dieng. Jika anda mendaki ke atas dataran tinggi Dieng maka seolah berada di puncak dunia. Anda akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa saat melihat pemandangan danau yang berwarna-warni dan berkabut tebal di sekelilingnya. Saat perjalanan menuju ke daratan tinggi Dieng ini, Anda akan melewati perkebunan tembakau dan pemandangan gunung yang indah.

Baca Juga : Dieng Plateau Negeri di Atas Awan

3. PANTAI SUNDAK GUNUNG KIDUL

Pantai Sundak di Sidaharjo,kecamatanTepus, Gunungkidul mempunyai legenda, Nama Sundak konon berasal dari perkelahian antara anjing yang dalam bahasa Jawa adalah asu dan landak. Maka kemudian, kedua binatang tersebut disingkat menjadi Sundak.

Terlepas dari legendanya, Pantai Sundak memiliki pemandangan alam yang sangat cantik. Maka tak heran jika belakangan pantai ini menjadi tujuan wisata alam unggulan di Kabupaten Gunung Kidul. Kolaborasi antara pasir putih yang landai dan air laut yang jernih menjadi daya tarik pantai ini.

Berjalan menyusuri pantai menjadi kegiatan wajib di sini. Anda akan disuguhkan pemandangan oleh bukit – bukit kapur yang eksotis dan sering digunakan sebagai lokasi pemotretan. Pantai Sundak juga memiliki gua dengan sumur mata air tawar yang menjadi sumber mata air penduduk sekitar.

Keindahan lain dari pantai Sundak adalah keberadaan karang -karang kecil yang menghampar sampai 30 meter dari bibir pantai. karang – karang tersebut rata dan permukaannya tidak kasar, malah terasa lembut di kaki karena karang – karang tersebut di selimuti tumbuhan – tumbuhan laut yang menyerupai rumput.

4. GUA JATIJAJAR

Goa Jatijajar adalah Goa Alam yang terletak di desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Goa ini terbentuk dari batu kapur dan ditemukan pada tahun 1802 oleh seorang petani yang memiliki tanah diatas Goa tersebut yang Bernama “Jayamenawi”. Pada suatu ketika Jayamenawi sedang mengambil rumput, kemudian jatuh kesebuah lobang, ternyata lobang itu adalah sebuah lobang ventilasi yang ada di langit-langit Goa tersebut. Lobang ini mempunyai garis tengah 4 meter dan tinggi dari tanah yang berada dibawahnya 24 meter.

Goa Jatijajar berada di kaki pegunungan kapur yang memanjang dari utara dan ujungnya di selatan menjorok ke laut berupa sebuah tanjung. Objek wisata ini sungguh sangat menarik, Sebagaimana umumnya objek wisata lain di Indonesia, yang hampir selalu menyimpan legenda.

Banyak keistimewaan yang ditawarkan dari obyek wisata Gua Jatijajar. Di dalam goa terdapat sungai bawah tanah yang masih aktif. Ada juga dua sendang, yakni Sendang Kantil dan Sendang Mawar. Di dua sendang yang bisa didekati pengunjung itu masih dipercayai, yang mau membasuh muka dengan air sendang bisa awet muda.

Aliran air dari Sendang Mawar melewati lubang sempit hingga tembus luar goa. Namun pada dasar Sendang Kantil dijumpai lubang sempit memanjang, sehingga menelusuri goa itu harus melalui penyelaman. Masih ada lagi dua sendang, yakni Sendang Jombor dan Puserbumi. Kedua sendang ini dikeramatkan. Hanya dengan izin pengelola, lorong goa itu boleh dilalui. Orang tertentu yang punya keinginan, dengan menaruh sesaji di sendang itu, konon akan dikabulkan doanya.

5. TELAGA WARNA KAWASAN WISATA DIENG

Telaga Warna adalah objek wisata yang terletak di Dieng, Kecamatan Kejajar Wonosobo. Telaga Warna merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah.

Jarak objek wisata Telaga Warna dengan Wonosobo sekitar 26 Km dapat ditempuh dengan rute Arah utara kota Wonosobo, dengan menggunkan bus jurusan Wonosobo – Dieng Batur.

Telaga Warna memiliki keunikan tersendiri berkaitan dengan warna telaga. Terkadang berwarna hijau dan kuning atau berwarna warni mirip pelangi karena Telaga Warna memiliki kandungan sulfur yang cukup tinggi.

Objek Wisata Telaga Warna banyak dikunjungi oleh turis domestik maupun mancanegara, karena keindahannya, disamping itu hawa udaranya yang segar.

0Shares

Leave A Reply

Your email address will not be published.