Home / Uncategorized / Race Director Tidak ada cukup bukti Vale menendang Marquez

Race Director Tidak ada cukup bukti Vale menendang Marquez

10254015_885907071480197_3225301791110364228_n

Dikutip dari laman motogp.com , race director Mike Webber akhirnya membeberkan secara umum hasil investigasi insiden Marc serta Valentino dibalap MotoGP Sepang. Turut  pula dikupas manuver Marc yang dicurigai sengaja memperlambat Vale serta sebaliknya Rossi dicurigai menendang Marc.

Aku tidak akan menggaris bawahi apa yang pembalap katakan namun akan coba membeberkan poin secara umum. Jadi dari yang kami perhatikan terlihat Rossi melakukan gerakan yang memaksa Marquez keluar trek atau mendorong agar melebar. Kita sudah denger dari kedua rider…..Marquez mengatakan bahwa dia dalam kondisi berkendara secara normal…memikirkan apa yang harus dia lakukan dan menyalip Valentino tanpa bersentuhan. Dan ini benar. Artinya dia tidak ada tujuan mengganggu Valentino Rossi….

“Valentino disisi lain juga mengatakan bahwa Marc secara sengaja memperlambat kecepatan dan mempersulitnya saat race. Oleh karena itu Valentino kemudian sengaja melebar ditikungan untuk memberikan keuntungan baginya. Dan pada akhirnya kami percaya ada yang salah dengan mereka berdua. Apapun yang dikatakan Marquez kita juga merasakan dia mencoba mempengaruhi kecepatan Valentino. Tapi bagaimanapun dari sisi regulasi dia tidak melakukan kesalahan atau melanggar peraturan. Apapun yang kami pikirkan tentang spirit kejuaraan, berdasarkan buku panduan regulasi dia bersih. Cara nyalip dia bersih dan tidak terjadi senggolan. Cara dia membalap tidak menyalahi aturan.

“Valentino kemudian bereaksi atas apa yang dilihatnya sebagai provokasi dari Marquez dan sayangnya reaksinya adalah manuver yang melanggar peraturan. Membalap tidak bertanggung jawab yang membuat rider lain crash. Kita percaya sentuhan tersebut disengaja walau dia tidak ingin Marquez jatuh tapi hanya ingin membuat Marc melebar. Tentang kaki Rossi yang sempat lepas dari foot-peg dari video yang kami lihat tidak ada bukti jelas kearah sana. Kami melihat sebagai efek senggolan dan bukan tendangan disengaja…“terang Mike Webb.

So dari  hasil investigasi  pihak race director , mereka menemukan ketidakwajaran ritme kecepatan pada Marquez.

Namun karena dilakukan dengan bersih dan tidak menyalahi aturan maka Marquez lolos dari sanksi. Sementara Valentino Rossi karena terbukti  melakukan gerakan yang dilarang berdasarkan regulasi maka tindakan punishment sah untuk dijatuhkan.

Hal ini sudah memenuhi syarat kendati hasil investigasi tidak menemukan indikasi Rossi menendang secara sengaja dan lebih kepada efek senggolan. Nah…..itulah hasil dan kesimpulan Race Director yang akhirnya menjatuhkan poin 3 dan memaksa Vale membalap dari posisi paling belakang di Valencia 8 November nanti.

About street-admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*