Home / Berita / Puluhan patung hiasi jalan di Kota Jogja

Puluhan patung hiasi jalan di Kota Jogja

spiderman

Puluhan patung karya 32 seniman menghiasi jalanan kota jogja, tepatnya sepanjang Jalan Margo Utomo atau Jalan Mangkubumi hingga kawasan Kleringan Kotabaru Yogyakarta.

Puluhan karya seni itu merupakan kerja bareng Jogja Street Sculpture Project (JSSP) 2015, Asosiasi Pematung Indonesia (API) dan Dinas Kebudayaan DIY. Pameran bertajuk “Antawacana” ini diikuti sekitar 32 seniman patung. Pameran digelar mulai hari Jumat, (30/10/2015) hingga 15 Desember 2015 mendatang.

Salah satunya karya seni patung Amboro Liring yakni patung tokoh hero Spiderman yang tengah duduk sambil makan nasi angkringan plus ceker bakar. karya ini di pasang di sudut timur Tugu Yogya tempat miniatur Tugu Golong Gilig.

Demikian pula dengan karya milik Teguh S. Priyono yang berjudul “No Parking” yang terpasang di trotoar pembatas antara jalur kendaraan bermotor dengan jalur sepeda. Dia memajang karyanya berupa sebuah sepeda motor Vespa yang bagian roda depan terbenam di trotoar. Judul No Parking adalah sebuah pratinjau terhadap kesemrawutan lalu-lintas dan perparkiran yang sudah terjadi di Kota Yogyakarta dan daerah lainnya.

Oei Hong Djin seorang kolektor asal Magelang yang membuka acara mengungkapkan dirinya sangat memberikan apresiasi yang tinggi terhadap para seniman patung. Karya-karya seni mereka tidak hanya ditempat di dalam rumah atau disimpan di rumah atau galeri seni. Akibatnya orang yang mengapreasi terhadap karya patung menjadi terbatas. Namun yang dilakukan oleh Jogja Street Sculpture Project (JSSP) ini merupakan suatu upaya untuk menghadirkan seni patung di tengah-tengah masyarakat.

About street-admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*