Pusat Infomasi Tempat Wisata Seru di Indonesia, Jogja, Bandung, Malang, Bogor, Lombok, Lembang, Batu, Bali, Kuliner Unik, Cafe Resto Jogja, Cafe Jakarta.
Menjelajahi 9 Tempat Wisata Paling Seru di Natuna

Menjelajahi 9 Tempat Wisata Paling Seru di Natuna

Kabupaten Natuna, adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Natuna merupakan kepulauan paling utara di selat Karimata. Bagi sebagian orang mungkin akan memandang sebelah mata daerah terluar Indonesia. Jika dilihat dari segi infrastruktur memang seringkali daerah terluar yang berbatasan dengan negara lain kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat. Pembangunannya pun tertinggal dibandingkan dengan daerah-daerah di Pulau Jawa. Tapi jika sudah berbicara mengenai alamnya, daerah-daerah ini malah sering mencuri perhatian warga dunia.

Pulau ini ditempati oleh sekitaran 69 ribu jiwa, berdasarkan atas sensus masyarakat pada 2010 lantas. Natuna ada di dalam perairan Selat Karimata. Natuna berada pada jalur pelayaran internasional Hongkong, Jepang, Korea Selatan dan Taiwan. Kabupaten ini terkenal dengan penghasil minyak dan gas.

Untuk itu jogjastreet coba susun 9 tempat wisata paling oke yang layak untuk traveler masukkan dalam list travelingmu selanjutnya.

1. Alif Stone Park – Icon Wisata Natuna

Alif Stone Park kini telah menjadi salah satu icon dari wisata di Kepulauan Natuna, setiap sore, akhir pekan dan hari libur kawasan Alif Stone selalu ramai pengunjung.

Tempat wisata ini adalah perpaduan antara pantai pasir putih, air laut yang jernih serta gugusan batuan granit yang mempercantik kawasan. Fasilitas wisatawan yang ada di tempat ini adalah jembatan kayu yang menghubungkan antar batu-batu besar sehingga pengunjung bisa berkeliling di area sekitar taman batu ini. Bagi sebagian orang nama Alif Stone Park mungkin masih terdengar asing khususnya orang Indonesia sendiri. Alif stone itu ada batu yang tinggi kira-kira ada 7 meteran, itu ada yang ada guratan batu alifnya. Makanya kita beri nama alif stone.

2. Pantai Batu Kasah

Pantai yang punya nama lain Pantai Cemaga ini disebut-sebut sebagai salah satu pantai terbaik yang dimiliki kabupaten ini. Pantainya bisa traveler temukan di kecamatan Bunguran. Sekeliling pantai ini ditumbuhi banyak pohon kelapa serta serakan batuan granit membuat gambaran pulau tropis nampak sempurna.

Pantai Batu Kasah juga dianugerahi dengan bibir pantai yang panjang hingga 5 km, dengan pasirnya yang putih dan air lautnya yang jernih membuat siapa saja yang berkunjung ke sana bakal langsung kepincut dengan pesonanya. Kalau berkunjung ke pantai ini, tipsnya adalah membawa bekal makan sendiri karena beberapa sumber menyebutkan bahwa di kawasan pantai ini belum banyak tersedia warung makan.

3. Pantai Sisi, Surga yang Indah di Natuna

Natuna adalah tempat sempurna untuk liburan bersama pasangan, berbeda dengan Bali yang menyediakan pilihan wisata romantis full service, di daerah ini cocoknya untuk liburan sepasang kekasih yang sama-sama hobi petualangan. Pesona pantai, laut, dan pulau-pulaunya sungguh menggaet wisatawan. Salah satunya adalah Pantai Sisi yang terletak di Kecamatan Serasan.

Pantai Sisi pada tahun 2006 dinobatkan sebagai pantai alami terbaik di dunia versi majalah Island. Pantainya punya pasir putih dengan tekstur yang agak kasar sehingga jika bermain pasir di pantai, pakaian tetap bersih karena pasirnya tidak akan lengket di pakaian atau bahkan kulit. Lautnya yang sangat tenang membuat banyak traveler asing menganggapnya tidak seperti laut melainkan kolam.

4. Masjid Agung Natuna

Terkecuali destinasi pantai, Natuna mempunyai beberapa object wisata lain yang tidak kalah apiknya. Sebut saja, ada masjid agung yang kubahnya, mirip kubah masjid Taj Mahal, di India. Dapat disebut juga, masjid ini jadi lambang dari kota Ranai, kota paling besar di Natuna. Desain dan Arsitektur Masjid Agung Natuna Ini Syarat Dengan Nilai-nilai Filosofis Islam Kepulauan Riau.

Baca Juga : Melihat Lebih Jauh Pulau Natuna

5. Batu Sindu – Mendaki Bukit yang Melegenda di Natuna

Batu Sindu adalah nama kawasan pantai yang banyak dipenuhi dengan batu-batuan granit dengan berbagai bentuk dan ukuran. Menikmati kawasan Batu Sindu paling menarik adalah lewat menara mercusuar yang ada di sekitar lokasi. Batu yang menjadi legenda masyarakat Natuna ini menyimpan banyak keindahan, tidak hanya keindahan bukit batu tetapi juga bisa menikmati hamparan laut dengan bebatuan di sepanjang pantai dan berkunjung ke gua kuno.

Batu Sindu menyimpan potensi wisata yang sangat besar yang menunggu untuk segera dikembangkan. Saat ini kawasan ini masih relatif alami dengan belum dibangunnya berbagai fasilitas pendukung. Kekurangannya setiap traveler yang berkunjung bakal mendapatkan banyak kesulitan seperti belum tersedianya tempat parkir, belum ada rumah makan dan penginapan dan berbagai fasilitas dasar obyek wisata lainnya.

Lokasi Batu Sindu

Batu Sindu berada di perbukitan Senubing atau Tanjung Senubing. Letak bukit ini berada di kawasan Kecamatan Bunguran Timur, berjarak hanya 3 kilometer dari Kota Ranai. Sangat mudah digapai.

6. Air Terjun Gunung Ranai – Wisata Adventure di Natuna

Meski mayoritas wisata di Natuna adalah wisata pantai, namun daratan kabupaten Natuna yang berupa perbukitan juga menyimpan wisata alam yang tak kalah menarik lewat Air Terjun Gunung Ranai. Air terjun ini lokasinya masih cukup tersembunyi dan belum dibuka untuk tujuan wisata komersil. Lokasinya berada di punggung Gunung Ranai, salah satu pasak bumi di salah satu pulau terujung Indonesia

 

7. Pulau Senua Natuna yang Melegenda

Pulau Senua berada di Kecamatan Bunguran Timur, tepatnya berada di seberang Desa Sepempang. Kawasan ini adalah tempat yang sempurna bagi traveler untuk melihat keindahan pantai yang eksotis dengan alam bawah laut yang magis. Pulau Senoa terkenal dengan pantainya yang indah, bersih, dan dihiasi pasir kuarsa putih

Perairan Pulau Senua memang dikenal berisi penuh dengan terumbu karang yang tumbuh subur. Di dalamnya hidup berbagai macam biota laut. Apalagi air laut di kawasan pulau ini terkenal memiliki visibilitas yang sangat jernih. Disamping itu pulau ini juga terkait erat dengan legenda masyarakat yang menyebutkan bahwa Pulau Senua adalah jelmaan dari seorang perempuan hamil. Kata Senua sendiri dalam bahasa setempat memiliki arti wanita yang berbadan dua.

 

8. Pantai Teluk Buton Natuna

Objek wisata pantai ini terletak di desa Teluk Buton daerah kecamatan Bunguran Utara, kabupaten Natuna, Kepulauan Riau Beberapa kali kawasan pantai dan desa Teluk Buton ini telah dikunjungi tim dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam upaya pemetaan Cagar Budaya Bawah Air.

Pantai teluk buton ini yang menjadi cagar budaya bawah air maka pantai yang dinamai dengan teluk buton ini memiliki daya tarik tersendiri  Sebab ini adalah satu dari sedikit tempat wisata keren di Natuna yang sudah memiliki akses jalan yang mudah untuk dilalui kendaraan. Pantas saja jika libur lebaran dan libur nasional lainnya pantai yang menghadap Laut Cina Selatan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

9. Pantai Sahi

Pantai Sahi adalah salah satu tujuan wisata yang populer di Natuna. Posisinya hanya berjarak sekitar 25 kilometer dari ibukota kabupaten Ranai dimana aksesnya bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dengan memakan waktu kurang dari satu jam.

Pantai dan Pulau Sahi menyatu saat air laut surut. Jarak pantai dan pulau yang berada di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau itu sekitar 300meter. Saat kondisi laut sedang surut traveler bisa menuju ke pulau tersebut dengan jalan kaki. Saat pasang pantai ini begitu asyik untuk digunakan bermain air sebab airnya sangat jernih dan bersih.

 

0Shares

Leave A Reply

Your email address will not be published.