Home / Tempat Wisata / Alam / Desa Wisata Kinahrejo – Museum Rumah Mbah Maridjan

Desa Wisata Kinahrejo – Museum Rumah Mbah Maridjan

Nama desa Kinahrejo mungkin terasa asing ditelinga orang, namun jika menyebut Nama Mbah Maridjan, hampir semua orang indonesia tau. Ya, Desa Kinahrejo merupakan tempat tinggal Alm. Mbah Maridjan. Perlu diketahui Alm. Mbah Maridjan adalah seorang juru kunci yang dipercaya untuk menjaga kelestarian alam di sekitar gunung api tersebut. Ia merupakan juru kunci Gunung Merapi sejak tahun 1982 dan harus mengakhiri pengabdiannya pada tahun 2010 karena turut menjadi salah satu korban erupsi Gunung Merapi. Mbah Marijan dimakamkan di Srumen, Glagaharjo atau sekitar 5 km dari Desa Kinahrejo.

Kini setelah 7 Tahun pasca Erupsi dahsyat Gunung Merapi, dijadikan sebuah kawasan wisata yang disebut “Lava Tour Merapi”. Saat menyusuri sisa-sisa terjangan awan panas, saya menemukan banyak hal di luar batas pikiran manusia.

Sepanjang jalan menanjak menuju Desa Kinahrejo, para pengunjung disuguhi pemandangan berupa pohon dan tanaman hijau yang tumbuh subur menyegarkan mata. Bekas terjangan Lava Panas Gunung merapi pun sudah mulai tak terlihat,  lagi.

Harga Tiket Masuk Kinahrejo 

  • Update terbaru November 2017, untuk masuk Kinahrejo sekitar Rp3.000/orang. Untuk pemandu wisata dipintu gerbang masuk desa Kinahrejo sementara ini sudah tidak ada.
  • Tarif Jeep Merapi, sedangkan yang mau sewa Jeep untuk Lavatour harga mulai dari Rp250.000 – Rp450.000an.

Gallery Foto :

Alamat Desa Wisata Kinahrejo :

About street-admin